Minggu, 25 Agustus 2019

Resep Cemilan Kue Beky, Mudah dan Enak

Resep Cemilan Kue Beky, Mudah dan Enak- Halo Dearyou (sapaan untuk pembaca di blog DearDian hihihi). Adakah kalian di sini yang suka ngemil seperti aku? Kalau aku sangat suka sekali ngemil. Suka ngemil ini dimulai sejak kuliah di Pontianak. Namanya uga kota akses buat jajan mudah banget dan banyak pilihan, tergantung duitnya aja, kuat atau enggak.


Kue Beky

Kebiasaan di Pontianak jajan bisa seminggu tiga sampai empat kali. Jajan yang dibeli juga vareatif. Biasa cemilan biskuit maupun chips yang ada di indomaret, kecuali roti. Roti tidak begitu suka, agak cerewet kalau roti, dan cendrung banyak milih. Selain itu gorengan, baik yang asin dan yang manis. Paling favorit pisang keju di samping Gang PGA, Kota Baru Pontianak.

Resep Cemilan Kue Beky, Mudah dan Enak

Sebetulnya agak nahan-nahan juga sih, maka biasa aku beli jajan yang beneran kepingin banget, yang rasa kepinginnya nggak mampu aku tahan lagi. Karena duitku gak kuat kalau nurutin nafsu jajan yang begitu besar. Namun sejak lebaran Idul Fitri kemarin aku balik kampung, selama sebulan bulan syawal mah alhamdulillah nggak pusing soal cemilan. Ada kue lebaran. Setelah bulan syawal berlalu dan kue lebaran habis, aku bingung mau jajan apa. Di kampungku cemilan yang aku inginkan nggak ada, selain itu selama di kampung duit buat jajan juga jarang ada. Hiks, sedih banget yak. Pinginnya makan cemilan yang murah dan enak gitukan. 

Dua masalah ini lah yang akhirnya bikin jiwa kere-aktif aku bereksperimen layaknya cerdikiawan membuat cemilan homemade sendiri. Cemilan enak yang mudah dibuat. Ide ini muncul karena melihat banyaknya sisa tepung saat menelang lebaran, dan kebosanan aku yang melihat ortu bikin bakwan dan mendoan terus. Hiks Hiks.

Sejarah  Kue Beky

Sebelum kita masuk ke resep cemilan Kue Beky, mudah dan enak. Aku ingin kalian tahu awal mula kue dengan nama Beky ini lahir, ada dan bisa kita nikmati sebagai teman kehidupan kita. Hehehe. Kue Beky ini berasal dari nama Bekycot atau siput. Eits jangan iik duluan ya habis baca kata Bekycot. Biar terdengar keren, unik dan menggemaskan kita sebut saja dengan nama Beky. :D 

Aku keracunan kata Beky setelah nonton video pisikologi milik Dedy Susanto. Di sana beliau punya boneka Bekycot yang lucu dan mengemaskan. Kata Pisikolog Dedy Susanto ini binatang Bekycot adalah biantang paling ikhlas, alasannya dia punya rumah cukup satu. Nggak pernah minta nambah, atau minta jati tingkat sama Tuhan. 

Kue Beky ini adalah bentuk keikhlasan aku dengan keadaan di kampung, dimana hasrat ingin ngemil menggelora, duit buat jajan yang gak ada, dan harus melakukan tindakan. Maka lahirlah Kue Beky. Btw, aku gak ahli bikin-bikin kue ya. Malah cendrung nggak bisa. Sebab itu Kue Beky ini gampang banget dibuat oleh kita-kita yang payah dalam membuat makanan kudapan.

Bahan Kue Beky

  • Tepung terigu 3 ons
  • Mentega 1 sdm penuh (Aku suka agak crunchy gimana gitu)
  • Gula 2 sdm (Sesuai selera, kalau aku memang tidak begitu ingin kuenya manis banget. Manis-manis semi hambar gitu.)
  • Permitan seujung sdm
  • Air secukupnya.

Cara Bikin Kue Beky

Kue Beky
Penamapakan adonan yang sudah dibentuk menyerupai Siput

  • Adon semua bahan sampai kalis. Bisa tambahkan minyak ambon dan pewarna (opsional) Kalau mau.  Lalu biarkan mengembang sekitar 30 menit.
  • Ambil sejumput adonan, buat bulat memanang lalu bentuk gulung melingkar seperti cangkang siput. Siput Gery nya Spongboob. Bentuk seperti hingga habis. Ukuran menyeseuikan selera masing-masing. Kalau aku suka bentuknya mini, jadi imut dan menggemaskan.
  • Setelah dibentuk, diamkan sebentar sekitar 10-20 menit.
  • Siapkan wajan atau teplon. Panskan minyak. Sedikit informasi jika pakai teplon minyanya agak dibanyakin sampai Beky rada ngambang, sebab jika tidak bentuk Khas Beky akan rata karena kurangnya minyak, mengikuti bentuk teplon. 
  • Goreng hingga warna Beky coklat keemasan, angkat tiriskan dan sajikan. Beky siap dimakan. 
Kalian bisa tambah toping agar tampilan Beky lebih menarik dan enak. Bisa pakai Cokat yang dilelehkan, Cream putih, Seres, Gula bestak dan lainnya. Cuma tentunya nambah budget lagi dong ya, hehehe. Tanpa topingpun sudah enak kok Gaiss.

Gampang banget kan Resep Cemilan Kue Beky, Mudah dan Enak. Kalian bisa coba sendiri di rumah, kos dan asrama mungkin. Kue Beky ini cocok banget buat kita-kita mahasiswa. Bahanya mudah didapat, dan murah. Cara bikinnya gampang dan mudah. Rasanya juga enak. Cukuplah melepaskan rasa rindu, dan hasrat ngemil yang terhalang budget. 

Kue Beky, Resep Cemilan Enak
Kue Bekky
www.deardian.com

Yuk cobain nikin Resep Cemilan Kue Beky nya, dan jangan lupa tag di media sosial aku. Tertera di daftar Social Pulgin di sebelah kanan atas dasboard. Selamat menikmati keseruan membuat Kue Beky. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar